NEWS
DETAILS
Kamis, 13 Jan 2022 12:18 - Honda Community Bali
Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 11 Januari 2021 diikuti 70 siswa dari SMKN 1 Amlapura dengan protokol kesehatan yang masuk ke area sekolah dengan scan peduli lindung, gunakan masker, jaga jarak duduk berjauhan dan wajib cuci tangan.
 
Banyak keseruan dalam kegiatan ini yang membuktikan betapa antusiasnya siswa mengikuti acara ini. Dalam edukasi ini, team safety riding yang dipandu oleh Yosepth Klaudius Lisias Dwiyanto, memberikan edukasi dengan cara yang sangat menarik dan interaktif penekanan pentingnya helm, jaket dan masker kemana saja saat naik motor. Walau tinggal di daerah rural, helm wajib digunakan saat berkendara untuk melindungi aset terpenting kita yaitu kepala, juga jaket untuk melindungi badan dari angin dan meminimalisir cidera saat terjatuh, dilengkapi dgn celana panjang, sepatu, sarung tangan, dan masker untuk perlindungan maksimal.
Dalam pemaparan materi juga disebutkan bahwa ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kecelakaan dijalan raya. Yang pertama faktor manusia, yang mana belum semua pengemudi mengetahui safety riding. Kemudian faktor kendaraan nya sendiri yang jarang dilakukan perawatan sehingga performance  kurang baik. Terakhir adalah faktor lingkungan yang tidak dipungkiri terkadang kita tidak bisa hindari misalnya pengguna jalan lain, cuaca dan kondisi jalan.
 
Penerapan #Cari _Aman salah satunya adalah paham dengan tehnik pengereman kombinasi antara rem depan dan belakang secara bersamaan dan rem depan sedikit lebih kuat daripada rem belakang. Selain itu tehnik menikung pun ada konsep  dasarnya yakni gunakan rem untuk mengurangi kecepatan sebelum masuk tikungan, lihat arah yang dituju, control kecepatan, jangan mengabaikan marka jalan karena salah satu tertib berlalulintas adalah dapat mentaati seluruh aturan tanda dan rambu dijalan raya.
 
Kepala Sekolah SMKN 1 Amlapura, I Wayan Artana, S.Pd, M.Pd mengungkapkan sebagai salah satu binaan dari Astra Motor Bali kami sangat berterima kasih atas perhatian dan apresiasi nya karena telah berkenan  untuk berbagi ilmu safety riding yang di sampaikan pihak Honda dan kegiatan ini sangat positif serta sangat penting untuk anak didik disekolah ini.  “Semoga dengan edukasi yang diberikan ini merupakan ilmu baru untuk calon generasi #Cari Aman yang bisa diterapkan  dengan baik saat mereka di jalan raya dan saat mengendarai motor, siswa kamipun lebih paham dan selalu selamat dijalan raya,” ungkapnya.
PIC Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi  menyebutkan, dengan sudah dilaksanakan belajar tatap muka ini, tentunya semakin mudah untuk menularkan edukasi safety riding ke siswa. Kami berharap dengan kegiatan ini, akan lahir generasi-generasi muda yang dapat menyebarkan virus #Cari Aman untuk dilingkungan sekolah, keluarga maupun di jalan raya, harapnya.
 
“Kami tidak akan henti-hentinya untuk mengkampanyekan keselamatan dijalan raya dengan #Cari_Aman, karena kalo bukan dimulai dari kita atau generasi muda, siapa lagi yang akan menjadi contoh yang baik untuk pengendara di jalan raya. Semoga dengan ilmu safety riding ini akan membuat siswa-siswi semakin percaya diri dan mampu mengelola emosi ketika berada dijalan raya yang sekaligus berbagi pesan keselamatan berkendara, sehingga hal ini dapat menjadi budaya di kalangan siswa,” ujar Iswahyudi.
Sebagai pelopor keselamatan berkendara, Honda memberikan penyebaran informasi edukasi keselamatan berkendara dikalangan siswa secara tatap muka dilakukan sesuai anjuran pemerintah dengan prokes yang ketat. Siswa sebagai agen keselamatan berkendara tentu akan menjadi generasi penggerak untuk mewujudkan budaya berkendara yg baik di masa mendatang melalui kampanye #Cari_aman bersama generasi muda.(pur)
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK